Mengatasi Ayam Petarung Yang Penakut

Mengatasi Ayam Petarung Yang Penakut

Panduan Cara Mengatasi Ayam Petarung Yang Penakut Perlu kita ketahui dan pahami bahwa mental dan keberanian ayam aduan merupakan yang paling penting oleh ayam petarung. Sebab keduanya dianggap sebagai senjata utama agar ayam memenangi laga dan menjadi juara. Saat melakukan abar pastinya kita pernah dihadapkan pada permasalahan ayam yang belum berani bertarung.

Umumnya ayam yang normal mentalnya akan mulai kelihatan saat menginjak usia tujuh bulan lebih, namun banyak juga ayam petarung yang sudah lebih dari tujuh bulan, memiliki tubuh besar dan sehat tapi tak memiliki mental petarung. Maka dari itu sebagai botoh sebaiknya mencari cara untuk memecahkan permasalahan ini.

Perlu diketahui ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa ayam muda tidak memiliki mental untuk bertarung. Diantaranya adalah faktor keturunan, sejak kecil selalu dibully oleh ayam lain, ayam trauma karena gangguan binatang lain misalnya anjing, dan kondisi lingkungan yang kurang nyaman untuk ayam. Berikut dibawah ini akan kami bahas mengenai beberapa cara mengatasi ayam petarung yang penakut :

Ayam Sebaiknya Dipisahkan
Pemisahan dapat dilakukan dengan meletakan ayam pada kandang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko ayam muda bertarung dengan ayam lainnya.

Apabila dicampur pada satu kandang, kebanyakan ayam yang memiliki mental bagus akan membully ayam yang memiliki mental lemah sehingga ayam yang lemah menjadi terbiasa mengalah dan tidak berani bertarung. Ironisnya kebiasaan mengalah ini dapat berdampak buruk, misalnya saja saat ayam diadu ayam akan lari dan tidak mau bertarung.

Baca Juga : Main Blackjack Dengan Modal Yang Kecil

Berikan Jamu
Banyak yang mengistilahkan ayam yang tidak memiliki mental dengan “ayam tidak memiliki hati”. Sebenarnya yang dimaksud adalah ayam memiliki masalah pada organ bagian dalam tubuhnya terutama hati sehingga ayam enggan untuk bertarung.

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan jamu herbal. Ramuan jamu ini bisa dibuat dengan bahan-bahan alami seperti kunyit, madu, gula merah dan lainnya yang bermanfaat untuk stamina ayam.

Berikan Suplemen Berupa Binatang Hidup
Sudah banyak para botoh yang memberikan pakan berupa binatang hidup untuk membuat ayam petarung lebih agresif. Binatang yang dimaksud adalah jangkrik, anak tikus, dan kodok. Sebaiknya ayam dibiarkan memakan dengan mengejar-ngejar mangsanya, maka dengan begitu sedikit demi sedikit mental ayam akan membaik.

Ayam Dimasukkan ke Kandang Isolasi
Kandang isolasi maksudnya adalah untuk ayam muda yang mentalnya sudah benar-benar rusak. Contoh ayam yang mentalnya sudah benar-benar rusak yaitu dimana ayam sudah tidak memiliki keinginan untuk bertarung, bahkan dengan ayam betina atau ayam yang lebih muda pun tidak berani.

Kandang isolasi adalah kandang yang tertutup dan tidak terjangkau oleh ayam lain. Tujuan ayam dimasukkan ke kandang isolasi agar ayam yang lemah mental bisa sembuh setelah dikeluarkan karena sudah lama tidak melihat ayam lain dan biasanya hanya dalam hitungan minggu ayam yang tadinya lesu sudah mulai berkokok.

Related posts